Selasa, 28 Juli 2009

Tutorial membuat animasi dengan tween & Guide Adobe Flash CS3

Kali ini kita akan mencoba membuat animasi dengan tween dan Guide, tween adalah animasi yang di buat dengan menentukan keyframe pertama dan keyframe terakhir objek, sehingga objek bergerak dari titik pertama ke titik terakhir. Sedangkan untuk guide adalah garis pandu dimana suatu objek akan bergerak sesuai garis pandu yang di buat. Untuk lebih jelasnya mari kita mencoba membuat animasi dengan tween & guide.

1. Pertama buatlah sebuah objek pada layer 1 di frame 1, misal objek mobil-mobilan. Gunakanlah Rectangle tool (shortcut “R”) untuk membuat badan mobil, dan berikan lekukan pada depan dan belakang mobil, serta berikan mobil roda.




2. Setelah mobil jadi, seleksilah mobil tersebut lalu jadikan mobil tersebut menjadi movieclip dengan cara Modify – Convert to symbol (Shortcut F8), pilih movie clip lalu beri nama mobil.

3. Setelah mobil menjadi movie clip lalu buat keyframe baru di frame 50 dengan cara insert – timeline – keyframe (shortcut F6), maka akan muncul keyframe baru pada frame 50 dan ada objek mobil yang sama.




4. Setelah itu pada frame 50 pindah letak mobil dari kiri ke kanan.




5. Sekarang berikan Motion Tween pada timeline, klik diantara frame 1 dan 50, lalu insert – timeline – create motion tween. Lalu tekan tombil ctrl+enter. Maka mobil akan berjalan dari kiri ke kanan.

6. Mobil sudah bergerak, tapi bergerak hanya dari kiri dan kekanan saja. Bila kita ingin memberikan lintasan mobil, agar bergerak sesuai dengan lintasan yang kita inginkan, maka berikan guide.

7. Klik menu utama Insert – timeline – motion guide, lalu layer guide akan muncul.




8. Lalu buatlah garis lintasan di keyframe 1 layer guide dengan pensil tool (shortcut “Y”).




9. Lalu pindahkan mobil di layer 1 frame 1 ke ujung awal lintasan, dan pindahkan mobil di layer 1 frame 50 ke ujung akhir lintasan.



10. Lalu pada properties layer 1 frame 1, centanglah orient to path, lalu tekan ctrl+enter. Maka mobil akan bergerak sesuai lintasan yang kita buat.





11. Setelah anda berhasil menjalankan tutorial ini, buatlah animasi yang beragam dengan menggunakan dasar tween & guide. Selamat mencoba.


Bila ada pertanyaan atau pun komentar silahkan tulis komentar yang di sediakan, cepat atau lambat pasti akan saya reply komentar anda.
| More

Ingin berlangganan Artikel seperti diatas? Masukkan alamat E-mail anda dibawah ini:

Delivered by FeedBurner

Artikel Lainnya

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan Komentar, Top komentator akan saya Tampilkan Linknya di Blog saya.

NO SPAM PLEASE..

 

Award

Text

Plus44 Cyber Flash Comunity Copyright © 2009 Community is Designed by Bie